SIM Terlambat di Sleman MASIH BISA DIPERPANJANG!

Minggu lalu baru sadar kalau ternyata SIM A dan SIM C saya dua-dua nya sudah habis masa berlakunya. Lalu saya cari-cari informasi di internet, kok banyak yang bilang kalau sekarang SIM yang terlambat perpanjangan, tidak bisa diperpanjang dan harus bikin baru. Sempat khawatir karena kalau bikin baru kan prosedurnya terlalu panjang, pakai test segala. Hari ini, 15 Agustus 2016 pagi jam 9 saya langsung ke Polres Sleman. Ternyata, SIM terlambat di Sleman masih bisa diperpanjang!!! Tidak harus bikin baru!!! Kenapa saya pakai banyak tanda seru? Karena sebagian besar informasi yang beredar di internet, entah itu blog, forum, atau yang lainnya, mengatakan kalau SIM terlambat walaupun cuma sehari saja sekarang harus bikin baru. Ini informasi salah dan cenderung membingungkan orang-orang yang mencari informasi tentang perpanjangan SIM. Tapi memang, terlambatnya juga ada batasannya. Setahu saya, terlambatnya maksimal 3 bulan. Yang jelas, tadi SIM saya masih bisa. Habis masa berlaku 14 Juli, saya perpanjang 15 Agustus, jadi sekitar sebulan lebih sedikit.

Biaya perpanjangan SIM A dan SIM C juga murah. Jadi walaupun terlambat tidak ada denda apapun. Hari ini total biaya yang saya keluarkan adalah:

  • KIR Dokter Rp 20.000 x 2 = Rp 40.000
  • SIM A = Rp 80.000
  • SIM C = Rp 75.000
  • Parkir = Rp 5000 (sebenarnya bukan Rp 5000 tapi saya sengaja kasih segitu supaya pengeluaran saya untuk urusan SIM menjadi bulat Rp. 200.000 hehehe 😀

TOTAL Rp. 200.000 untuk perpanjangan SIM A dan SIM C. Saya sarankan TIDAK USAH PAKAI JASA CALO. Kenapa? Karena proses perpanjangan ini gampang sekali. Dan kalau anda datang pagi, paling 2 jam sudah selesai. Saya tadi datang jam 9, jam 11 sudah selesai. Itu pun sudah pakai acara ada yang salah segala. Saya yang salah isi formulir jadi harus menunggu sekitar 15 menitan untuk dibetulkan datanya. Berikut adalah alur perpanjangan SIM di Sleman:

  • Minta surat KIR dokter. Tempatnya di seberang Polres Sleman. Taruh fotocopy SIM yang mau diperpanjang + fotocopy KTP di meja, nanti akan dipanggil sesuai antrian tumpukan berkas. Biaya Rp. 20.000.
  • Kembali ke kantor Polres Sleman, ke bagian SIM yang letaknya di belakang. Berikan berkas dari dokter tadi ke bagian informasi (meja yang letaknya dekat pintu masuk tempat pengurusan SIM).
  • Setelah diperiksa di bagian informasi, bayar ke bank yang letaknya di dekat situ.
  • Setelah bayar di bank, langsung ke Loket 1 dan masukkan berkasnya. Tunggu sebentar (kalau sepi, kalau ramai antri dan nunggu dipanggil). Anda akan diberi formulir. Isi dengan lengkap. Masukkan ke Loket 2 lalu tunggu dipanggil di Loket 3.
  • Dipanggil, masuk Loket 3 untuk foto.
  • Setelah foto, tunggu, akan dipanggil setelah SIM nya jadi. Kalau tidak salah itu di Loket 5.

perpanjangan-sim-slemanKalau anda datang pagi, jam 9 atau lebih pagi, 2 jam saja sudah selesai. Tapi kalau agak siang, jam 10 an, wah antriannya jadi panjang sekali.

Oh iya, sedikit catatan. Waktu baru masuk ke kantor Polres biasanya anda akan didekati beberapa calo dan ditawari jasa mereka. Jangan dengarkan. Pokoknya langsung masuk saja. Para calo itu taktik jual jasanya agak-agak menipu. Mereka akan bilang “wah sekarang kalau perpanjangan agak susah, mendingan saya uruskan saja, bla bla bla bull shit…” padahal ternyata setelah diurus sendiri gampang dan cepat sekali.

Memang sekarang kan juga ada SIM Corner di Jogja City Mall. Nah walaupun SIM yang terlambat masih bisa diperpanjang, saya tidak tahu, kalau terlambat seperti itu perpanjangannya di SIM Corner bisa atau tidak. Karena tadi, untuk amannya saya langsung saja ke Polres daripada nanti harus bolak balik kalau misalnya di SIM Corner tidak bisa.

Catatan :

Mungkin per daerah beda kebijakannya. Jadi mungkin di daerah-daerah lain sudah diterapkan kebijakan yang tidak bijak itu. SIM habis masa berlakunya walaupun telat sehari pun harus bikin baru, seakan-akan pemilik SIM jadi tidak bisa mengemudi lagi dan harus di test lagi. 😀

[Update 30-03-2017]

Saya lihat postingan ini banyak pengunjungnya. Mohon diperhatikan bahwa postingan ini saya buat tanggal 15 Agustus 2016. Jadi, ada kemungkinan peraturan sudah berubah.

Privacy Policy