StatCounter – Alat Monitor Pengunjung Website

statcounter-monitor-pengunjungStatCounter adalah alat untuk memonitor pengunjung website. Alat ini sudah saya gunakan selama bertahun-tahun, karena walaupun gratis, fitur yang disediakannya cukup lengkap. Instalasi StatCounter juga sangat mudah. Kita tinggal menyisipkan saja kode nya ke website kita. Untuk platform WordPress bahkan tersedia plugin, yang tentu saja sangat praktis dan mudah untuk di-install.

Fitur Yang Tersedia

Dengan menggunakan StatCounter, kita bisa melihat jumlah pengunjung yang mengunjungi website kita. Statistik ini di-update secara realtime. Selain jumlah pengunjung, kita juga bisa melihat jumlah page views, dan sebagainya.

Satu fitur dari StatCounter yang menurut saya sangat spesial adalah fasilitas untuk melihat asal dari pengunjung yang masuk ke website kita. Fitur ini dapat dilihat dari menu Visitor Paths. Kita dapat melihat pengunjung yang masuk ke website kita berasal dari mana, apakah dari search engine, atau dari website lainnya. Jika pengunjung tadi datang karena meng-klik link yang ada di website lain, kita juga bisa melihat halaman asalnya. Pengunjung yang masuk ke website kita dari search engine (Google, Bing, dan sebagainya), juga dapat kita lihat, lengkap dengan kata kunci apa yang tadi dia cari. Tapi, terkadang kata kunci yang digunakan untuk menemukan website kita tidak terlihat karena memang “disembunyikan” oleh search engine, terutama Google.

statcounter-1

Selain melihat asal dari pengunjung yang masuk, kita juga dapat melihat data yang lengkap dari pengunjung, yang terdiri dari ISP apa yang digunakan, IP Address, dan perangkat serta sistem operasi yang digunakan.

statcounter-berbayar

StatCounter menyediakan layanan secara gratis. Tapi, tersedia juga layanan berbayar, yang tentunya memiliki fitur yang lebih baik. Tapi jujur saya, saya belum pernah mencoba layanan yang berbayar ini, karena layanan yang free saja sudah cukup untuk saya.

Memang saya akui StatCounter bukanlah yang terbaik. Google Analytics jauh lebih baik dan lengkap. Tapi, ada beberapa hal yang di StatCounter dibuat jauh lebih sederhana, sehingga membuat penggunanya lebih nyaman. Berbeda dengan Google Analytics, yang walaupun fiturnya sangat lengkap, seringkali sangat membingungkan. Saya sudah menggunakannya berbulan-bulan, tapi tetap saja, ada hal-hal yang sulit saya temukan. Mungkin karena terlalu banyak pilihan data yang tersedia untuk dilihat.

Jika anda tertarik untuk mencoba StatCounter anda bisa langsung ke StatCounter.com. Dengan satu akun anda bisa memonitor banyak projects (website). Di sini saya tidak menjelaskan instalasi kode ataupun penggunaan StatCounter karena menurut saya sangat mudah dan jelas.

Privacy Policy