Ongkos Kirim Pos Ke Luar Negeri

Dalam postingan berikut ini akan saya share ongkos kirim pos ke luar negeri. Saya adalah salah seorang pelanggan setia PT Pos Indonesia. Saya sering menggunakan layanan RLN (pengiriman paket ke luar negeri yang registered) untuk mengirim barang-barang dagangan yang laku di eBay. Tarif paket internasional PT Pos Indonesia sangat terjangkau. Bahkan bisa dibilang murah. Selain itu, waktu pengiriman juga cukup cepat, biasanya sekitar 10 hari – 3 minggu kalau lagi apes 😀 .

Sayangnya, service yang sebenarnya menurut saya lumayan bagus, tidak diimbangi dengan website yang bagus. Sistem tracking online PT Pos Indonesia yang tersedia di website http://www.posindonesia.co.id/ seringkali tidak real time. Dan ini bukan masalah tidak adanya data dari pos negara asal. Jika kita cek nomor resi pengiriman kita di website pos negara asal, datanya ada, bahkan seringkali cukup detil informasinya. Jadi ke-tidak-real time-an website PT Pos Indonesia ini jelas-jelas karena kurang kompetennya pengelola website tersebut.

Satu hal lagi yang simpel tapi cukup mengganggu, itu website PT Pos Indonesia cuma tersedia dalam bahasa Indonesia. Lha wong menyediakan pengiriman ke luar negeri kok websitenya cuma tersedia dalam bahasa Indonesia 😮 .

Sudah sekitar 2 minggu ini, di website PT Pos Indonesia fitur untuk cek tarif pengiriman paket ke luar negeri dihilangkan. Mungkin mau dinaikkan tarifnya? Anyway, buat yang membutuhkan, ini daftar ongkos kirim pos ke Amerika.

Berat (Gram) Biaya (US)
0 – 50 37.000
51 – 100 53.000
101 – 250 110.000
251 – 500 175.000
501 – 1000 276.000

Daftar ongkos kirim pos ke luar negeri yang ada di atas tentu saja mungkin tidak sama persis dengan tarif yang harus anda bayarkan. Karena selain berat barang yang dikirim, nilai barang dan bentuk barang (ukuran besar kecilnya), juga bisa berpengaruh terhadap penghitungan ongkos kirim. Tapi kalaupun meleset, pasti tidak jauh dan hanya selisih sedikit saja.

Daftar tarif di atas untuk pengiriman ke Amerika. Menurut pengalaman saya, pengiriman ke Amerika itu yang paling mahal. Untuk tarif ke Eropa sedikit lebih murah dari tarif ke Amerika, tapi biasanya barang sampai ke sana justru lebih cepat daripada ke Amerika.

[Diupdate 28-03-2017]

Artikel terkait:

Privacy Policy