Transaksi Dengan Kartu Kredit di Tokopedia Bermasalah

Selama ini saya sangat sering menggunakan Tokopedia tidak hanya untuk berbelanja barang-barang yang saya butuhkan, tapi juga untuk membayar berbagai macam tagihan. Dan biasanya, saya membayar menggunakan kartu kredit. Sebelumnya sih lancar-lancar saja. Tapi sekitar 2 hari yang lalu, transaksi dengan kartu kredit selalu gagal. Yang pertama gagal, lalu saya coba lagi dengan kartu kredit yang berbeda, dan ternyata gagal juga. Tapi, walaupun transaksi gagal, saat saya cek transaksi kartu kredit via SMS (Bank Mega) dan via internet banking (ANZ), ternyata kedua transaksi itu sudah tercatat. Sedangkan kalau saya cek di Tokopedia nya sendiri, kedua transaksi tersebut tidak tercatat, bahkan tidak ada di dalam daftar transaksi yang gagal juga.

Transaksi kartu kredit Tokopedia gagal
An error has occured processing your payment.

Sampai sekarang dana yang sudah “diambil” untuk pembayaran kedua transaksi itu belum kembali. Kalau menurut salah satu halaman yang saya kunjungi di Tokopedia sih, dana akan dikembalikan dalam waktu (kalau tidak salah) maksimal 2 minggu. Nah ini kan jadi pekerjaan tambahan buat saya. Harus sering-sering cek transaksi kartu kredit, dan besok tagihan yang bulan depan harus saya teliti untuk memastikan bahwa dana tersebut sudah dikembalikan.

Berbicara soal pengembalian dana pembayaran kartu kredit, saya akui Tokopedia memang lambat. Dulu saya pernah mau beli handphone, statusnya sudah diproses oleh penjual, tapi kemudian oleh penjual dibatalkan dengan alasan ternyata tidak ada stok. Dana baru kembali bulan berikutnya. Padahal, setelah transaksi yang itu tadi dibatalkan oleh penjualnya, saya langsung coba beli barang itu di Bukalapak, dan entah karena barangnya jarang ada atau mungkin semua penjual itu suppliernya sama, setelah sehari juga dibatalkan oleh penjualnya. Tapi di Bukalapak dana langsung kembali ke kartu kredit.

Nah sekarang ini sudah akhir bulan. Sebentar lagi saya harus membayar berbagai macam tagihan. Tapi, jadi mikir-mikir kalau mau bayar via Tokopedia seperti biasanya 😕 .

Privacy Policy