Transfer Antar Bank CIMB Clicks Error

cimb-clicksKemarin saya sempat share tentang cara bayar kartu kredit langsung masuk, yaitu dengan fitur transfer antar bank di ATM ataupun internet banking. Kebetulan bank yang paling sering saya pakai untuk transaksi via internet adalah CIMB Clicks dari Bank CIMB Niaga. Beberapa hari yang lalu saya kaget karena mendapatkan SMS dari kartu kredit Bank Mega yang mengingatkan tentang pembayaran, dengan jumlah minimum payment yang masih banyak. Padahal, seingat saya sudah saya bayar, dan pakai metode transfer antar bank jadi harusnya sudah masuk. Selain itu, sehabis melakukan pembayaran, saya juga sudah mendapatkan SMS dari Bank Mega bahwa pembayaran sudah diterima. Langsung saja saya cek ke call center kartu kredit Bank Mega. Ternyata, transfer yang saya lakukan beberapa hari sebelumnya itu di cancel. Jadi dana tidak masuk ke Bank Mega, tapi juga sudah tidak ada di rekening CIMB Niaga saya.

Siangnya saya langsung saja ke kantor CIMB Niaga untuk komplain ke customer service. Oleh customer service diminta mengisi formulir lengkap dengan tanda tangan dan fotocopy identitas plus kartu kredit yang saya bayar itu. Menurut customer service, proses akan memakan waktu sekitar 14 hari kerja karena yang melakukan pengecekan adalah pihak pusat Bank CIMB Niaga. Ya sudahlah, saya pasrah saja, mau gimana lagi, yang penting uang saya (seharusnya) bisa kembali. Keesokan harinya, sekitar jam 5 sore, iseng-iseng saya cek saldo CIMB Niaga saya via internet banking. Wah, ternyata dana saya sudah kembali. Jauh lebih cepat dari yang diperkirakan. Salut kepada pihak CIMB Niaga / CIMB Clicks yang melakukan proses pengecekan dengan cepat 🙂

Jadi ternyata, setelah kita melakukan pembayaran kartu kredit, SMS konfirmasi tentang pembayaran yang sudah diterima, yang biasanya dikirimkan oleh bank penerbit kartu kredit itu sama sekali bukan jaminan bahwa pembayaran sudah masuk. Karena bisa saja pembayaran tadi “nyangkut” dan kemudian di cancel. Jadi, walaupun kita sudah membayar, tidak ada salahnya jika kita tetap membaca SMS tagihan kartu kredit yang kita terima dengan teliti. Karena tetap saja ada kemungkinan terjadi hal yang saya alami tadi.

Artikel terkait:

Privacy Policy