Ulasan Domain Registrar (Perusahaan Registrasi Domain)

Tidak terasa sudah 10 tahun sejak pertama kali saya mendaftarkan domain pertama saya. Satu hal yang saya ingat adalah saat itu saya belum mempunyai kartu kredit, sehingga harus menggunakan domain registrar yang menerima pembayaran e-gold (digital currency yang sekarang sudah tidak ada lagi). Setelah mempunyai kartu kredit, saya pun mulai bisa register domain di perusahaan-perusahaan yang besar, seperti Godaddy, Dynadot, Name.com, dan sebagainya.

Sampai sekarang saya mempunyai puluhan domain. Tapi, semua domain itu tidak ada di satu registrar saja, melainkan beberapa. Alasannya? Karena domain registrar sering mengadakan promosi domain murah. Jadi biasanya, saat ada promosi domain murah, saya register domain yang saya incar di perusahaan tersebut. Kalau pun saya belum punya akun di sana, ya saya buat saja. Hasilnya, sekarang saya mempunyai akun dan domain di sekitar 10 perusahaan 😀 .

Walaupun ada banyak yang saya pakai, hanya ada beberapa saja yang saya rekomendasikan karena memang bagus. Berikut adalah review atau ulasan domain registar yang saya pakai saat ini:

  • Dynadot

Perusahaan registrasi domain ini memang tidak seterkenal Godaddy dan yang lainnya. Tapi, saya sudah memakai Dynadot selama bertahun-tahun, tanpa pernah mengalami masalah sedikitpun. Dari segi harga, Dynadot bisa dibilang standar. Tapi, ada satu fitur unik di Dynadot, yaitu grace delete. Jadi, jika anda registar domain di Dynadot, kemudian anda berubah pikiran, anda bisa menghapus domain tersebut. Selama masih dalam masa grace period, anda akan mendapatkan refund dalam bentuk account credit. Nantinya, account credit tersebut dapat anda gunakan untuk register domain lain. Grace period domain berbeda-beda, tergantung dari ekstensinya.

dynadot-grace-deletion-period

Sebenarnya domain registrar lainnya juga ada fitur grace deletion seperti ini. Tapi, sengaja tidak disebarluaskan, dan untuk menghapus domain dan mendapatkan refund, anda harus contact support terlebih dahulu. Kalau di Dynadot anda bisa melakukannya sendiri dengan beberapa klik saja.

  • Namesilo

Namesilo adalah perusahaan registrasi domain yang istimewa, dari segi harga. Harga registrasi domain di Namesilo, khususnya untuk .com, paling murah jika dibandingkan dengan yang lainnya. Harga di Namesilo hanya kalah murah jika ada promosi di perusahaan lainnya. Untuk registrasi domain .com, harganya $8.99. Hebatnya, renewal juga sebesar $8.99. Berbeda dengan Godaddy, yang harga tahun pertama biasanya murah, tapi renewalnya mahal sekali.

daftar-harga-namesilo

Namesilo harga normalnya memang murah. Tapi, itu juga kelemahannya. Di sana hampir selalu harga normal. Jarang ada promosi dengan harga murah 🙂

Satu keistimewaan Namesilo adalah WHOIS Privacy yang gratis SELAMANYA.

  • Godaddy

Ini mungkin merupakan perusahaan registrasi domain terbesar saat ini. Hampir semua domainer (para pebisnis domain) menggunakan registrar ini. Jujur saja, saya kurang suka dengan Godaddy karena banyak “jebakan” nya. Saat anda membeli sesuatu, pasti harus melewati berbagai penawaran yang muncul. Satu hal yang mungkin bisa dianggap sebagai keistimewaan Godaddy adalah tersedianya support dalam bahasa Indonesia.

Dari segi harga, biasanya Godaddy murah, tapi untuk tahun pertama saja. Jadi, biasanya saya kalau register domain di Godaddy, setelah hampir habis tahun pertama, langsung saya pindah ke tempat lain.

  • Namecheap

Saya punya beberapa domain di Namecheap. Tapi, menurut saya, sebaiknya perusahaan yang satu ini ganti nama because they’re no longer cheap. Harga registrasi dan renewal di Namecheap relatif mahal, kecuali saat ada promosi. Seperti sekarang ini (28 Oktober 2016), ada promosi registrasi domain .com cuma $5.88 saja (belum termasuk ICANN fee). Setelah ditambah ICANN fee, totalnya $6.06.

Kelemahan Namecheap ada pada kontrol panelnya. Membingungkan dan kurang praktis. Selain itu, sering ada bug nya. Misalnya, yang dulu sempat sering saya alami, sudah sukses registrasi domain, tapi domain tersebut masih muncul di shopping cart.

  • Name.com

Dari segi harga, Name.com termasuk standar. Tidak murah dan juga tidak mahal. Satu hal yang saya sukai dari Name.com adalah Expiring Domains nya. Membeli domain yang sudah memasuki masa expire di Name.com sangat praktis, karena setelah kita bayar, domain langsung masuk ke akun kita. Jadi tidak pakai acara lelang-lelangan yang seringkali membuang waktu dan uang. Harga tergantung dari waktu yang tersisa sebelum expire. Contohnya, domain .com yang expire nya masih 6 hari, harganya $149.99. Sedangkan domain .com yang hampir expire, tinggal sisa beberapa menit atau jam saja dan belum laku, harganya $14.99. Saya sering beruntung di sini. Mendapatkan domain aged yang bagus hanya dengan harga $14.99.

Semua ulasan perusahaan registrasi domain di atas hanyalah ulasan sekilas. Besok kalau ada waktu akan saya tambahkan ulasan yang lebih detil. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait:

Privacy Policy