Victoria – Produsen Motor Jerman

victoria-nurnberg-1Victoria adalah produsen sepeda motor yang berbasis di Nürnberg, Jerman. Produsen sepeda motor ini beroperasi dari tahun 1901 sampai dengan tahun 1966. Pada tahun 1958, Victoria bergabung dengan perusahaan-perusahaan lain yaitu DKW and Express Werke AG. Gabungan dari 3 perusahaan ini bernama Zweirad Union. Walaupun sudah berubah nama menjadi Zweirad Union, motor-motor yang diproduksi masih sama. Contohnya, kita dapat menemukan moped Victoria Vicky yang diproduksi Victoria, dan ada juga yang diproduksi oleh Zweirad Union. Hal ini bisa kita lihat dari emblem/tag yang berisi produsen, nomor rangka, dsb. Pada tahun 1966, Zweirad Union diakuisisi oleh Hercules, dan produksi berbagai tipe dengan bendera Victoria dihentikan.

Di Indonesia, motor produksi Victoria yang paling mudah kita temukan adalah moped Victoria Vicky. Tapi, jumlahnya tetap tidak sebanyak motor-motor produksi DKW atau Zundapp. Khusus untuk Victoria Vicky, karena tipenya ada beberapa dan dulu diproduksi dalam jumlah yang banyak, selalu ada saja yang dijual di ebay.de (ebay Germany). Biasanya sih kondisinya scheunenfund atau kalau dalam bahasa Inggris barnfind alias barang yang ditemukan teronggok tidak ter urus di sebuah gudang 😀

Berikut adalah beberapa foto sepeda motor produksi Victoria yang saya dapatkan dari Google:

1. Victoria KR 35 (Pionier) tahun 1942

victoria-kr35-1942-Pionier

 

2. Victoria Bergmeister V35 1954 

Victoria-V35-Bergmeister-1954

Ini motor yang langka dan banyak diminati oleh kolektor. Setahu saya di Indonesia hanya ada sekitar 4 Victoria Bergmeister. Itu pun kondisinya tidak semuanya bagus.

 

3. Victoria Vicky 113 tahun 1963 (From http://www.victoria-vickywinni.de/html/vicky_sta__113_zwei__1963.html)

Victoria-Vicky-113-tahun-1963

 

4. Victoria Vicky Superluxus tahun 1959 (From http://www.moped-museum.de/dkw/victoria-vicky-superluxus.htm)

Victoria-Vicky-Superluxus-1959

Privacy Policy